Perkuat Mutu Pendidikan Keterampilan Vokasi Di Madrasah Kemenko Perekonomian dan Kemenag Jalin Kerja Sama
Jakarata, Kejarfakta.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama dengan Kementerian Agama menjalin kerjasama dalam memperkuat mutu pendidikan keterampilan vokasi di madrasah. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Peningkatan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi di Madrasah di Kementerian Agama Jakarta,Senin (01/04).
Nota Kesepahaman ditandatangani Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi
Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemenko
Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kemenag Kamaruddin Amin.
Nota Kesepahaman ini, meliputi dukungan konsultasi dalam penyusunan
regulasi, pelatihan dan pendampingan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
vokasi, serta penguatan jaringan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri dalam rangka
peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan vokasi di madrasah.
Rudy Salahuddin dalam sambutannya menjelaskan, Nota Kesepahaman ini merupakan salah satu Implementasi Peta Jalan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi 2017-2025 yang telah dikeluarkan oleh Kemenko Perekonomian akhir tahun2017 lalu.
Kemenko Perekonomian sendiri telah melakukan beberapa implementasi
roadmap sejak tahun 2017 diantaranya adalah (i)kerjasama bilateral dengan
Pemerintah Jerman untuk pengembangan Vokasi, (ii)pilot project revitalisasi BLK
Kulon Progo, (iii)pilot project Dual System di SMK26Jakarta, (iv)pilot project
SMK Kopi di SMK PPN Tanjungsari dan (vi)saat ini sedang juga dilakukan pilot project
revitalisasi SMK dan BLK dengan 9 Pemerintah Daerah.
“Pengembangan Kebijakan Vokasi selama ini masih terfokus pada SMK, BLK
dan Politeknik, kita berupaya agar pengembangan vokasi juga menyentuh Institusi
Pendidikan Agama yang jumlahnya banyak dan juga turut menyumbang tenaga kerja
dalam jumlah besar setiap tahunnya, sehingga MoU ini merupakan kerja nyata kita
semua dalam upaya mencapai hal tersebut,”ujar Rudy.(*)
No comments