Siapa Pesaing Hyundai Kona di Indonesia?
Jakarta, Kejarfakta.com -- Hyundai memastikan SUV baru mereka, Kona, diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Sayangnya, belum semua informasi dibocorkan. Seperti pilihan mesin yang ditawarkan.
Kona sendiri, di pasar global punya sejumlah pilihan mesin,
dengan opsi turbo atau natural. Menurut Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing
Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI), soal mesin masih melihat opsi mana yang
paling cocok buat Indonesia. Namun dipastikan cuma satu varian.
"Saat ini tahap awal kami hanya berencana memasukkan
satu varian Hyundai Kona saja, setahu saya di global ada tiga varian dengan
mesin 2.000 cc naturally aspirated, mesin 1.600 cc turbo dan elektrik. Salah
satu dari itu dan yang pasti bukan Kona elektrik," ungkap Hendrik kala
dijumpai di diler Hyundai Simprug, Jakarta, sepekan lalu. Berarti, pilihan
antara mesin 2,0 liter natural atau 1,6 liter turbo.
Dengan acuan mesin itu, Hyundai Kona bakal bermain di segmen
SUV kompak yang sudah ramai oleh Honda HR-V 1.8, Mazda CX-3, Chevrolet Trax,
Suzuki SX4 S-Cross, Mitsubishi Outlander Sport sampai Toyota CH-R yang punya
banderol selangit. Semuanya punya konfigurasi 5-seater dan bekal spesifikasi
lebih mewah dari LSUV. Soal kisaran harga, rata-rata bermain di kisaran Rp 300
jutaan. Sebagai acuan, harga Hyundai Tucson GLS Rp 391 juta. Kona seharusnya di
bawah harga Tucson.
Sementara prediksi, intuisi kami menjawab mesin dengan turbo
yang bakal menginvasi. Karena mesin turbocharger punya daya tarik tersendiri
dan Hyundai sudah punya Tucson yang mengisi posisi dengan mesin bensin 2,0
liter. Hendrik juga sempat menegaskan, Kona tak menggeser posisi Tucson dan tak
bersinggungan.
"Kalau di luar (global) masing-masing punya preferensi
mesin, Eropa lebih suka turbo tapi kalau Amerika mobil dengan naturally
aspirated lebih disukai. Yang pasti di Indonesia kami survey dulu,
kecenderungannya mesin seperti apa yang lebih disukai," ujar Hendrik.
Meski begitu, Hendrik memberi indikasi kalau mesin turbo
malah bisa lebih mahal dari segi maintenance, serta belum rata tersedia bahan
bakar khusus untuk mesin turbo di penjuru Indonesia.
"Jangan lupa juga
kalau mesin relatif canggih, dibutuhkan bahan bakar yang lebih tinggi dan
bagus, yang akibatnya bisa jadi mahal. Bahan bakar turbo sudah ada, tapi belum
merata. Di luar Jakarta ada tapi tidak banyak," tuturnya.
Apa pun opsi mesin yang nanti disajikan, yang pasti Kona
punya target konsumen yang mengutamakan gaya hidup dan jiwa muda. Diklaim
desain Kona sangat unik dan segar. Bagian interior berkesan sporty dan stylish.
Contohnya, sejumlah bagian interior serupa dengan warna bodi. Sedang eksterior,
pilihan warnanya sangat beragam dan berjiwa muda.
Semakin penasaran dengan harga Hyundai Kona dan
spesifikasinya. Sayangnya masih harus menunggu sampai peluncurannya di IIMS
2019. Intip sejumlah detail eksterior di galeri foto dan video Oto.com.
(Tom/Van)
No comments